Bumbu Desa Yogyakarta

Bumbu Desa tampak depan. Hehe!
Sebuah tempat makan alias restoran yang terletak di daerah Sagan, Yogyakarta, dekat LIP (Lembaga Indonesia Perancis). TKP-nya kalo dari Gubuk Resto (RIP) ke utara mentok, ujung jalan (pertigaan) sebelah kanan jalan (timur jalan).
Eh iya, sebelum melanjut ke urusan makanan, ini bukan semacam review kuliner yang kaya di blog-blog orang yang bagus-bagus itu ya. Terus terang aja, saya bukan orang yang bisa merasakan masakan dengan baik. Hehe! Anggap aja ini sekadar sharing cerita kuliner sebagai orang awam. Jadi harap dimaklumin kalo biasa-biasa aja dan terkesan simpel plus rada urakan dikit.  Hehe!

Bumbu Desa tampak luarnya seperti restoran kebanyakan. Dengan tempat parkir yang cukup luas, baik untuk mobil maupun motor. Tempat makan di dalem juga cukup luas, cocok buat makan acara keluarga maupun bersama pasangan, temen, ato siapa aja.

Sekadar info, masakan di Bumbu Desa adalah khas Sunda. Tapi secara umum citarasanya cocok bagi sapa aja. Ini terbukti dari banyaknya orang Jawa (Jogja) dan dari berbagai daerah lain yang datang.,Bahkan ada beberapa bule juga ke situ. Saya lihat bule itu suka makan lalapan loh.. Sipp! (hehe!)

Sebenernya saya baru 1 kali ini ke sana, jadi ngga cukup tau menu apa yang jadi favorit di Bumbu Desa. Tapi intinya, karena saya ngga konsumsi segala sesuatu yang berasal dari hewani, jadi menu yang saya pilih adalah ini (untuk ngeliat lebih besar, klik di foto):
Tahu & tempe, sehidup-semati.
-    Tahu goreng (@ Rp.4000)
Enak banget, gurih, empuk, halus, dan gurihnya terasa sampe ke bagian dalem.

-    Tempe goreng (@ Rp3000)
Gurih, digoreng kering, dan ngga begitu berminyak. Lalapan & aneka sambel
Terdiri dari timun, daun kemangi, dan selada. Buat sambelnya di situ ada beberapa sambel, mulai dari sambel terasi, sambel ijo, sambel bawang, dan sambel tomat kalo ngga salah. Hehe! Saya nyobain semua sambel kecuali yang sambel terasi tentunya. Eh iya, menu lalapan dan aneka sambel ini gratis loh!! *langsung sikaaat!*

Tumis Jamur Merang
-    Tumis Jamur Merang (@ Rp.6950)  
Saya termasuk penggemar menu makanan dari jamur. Dan menurut saya menu ini termasuk enak. Rasa gurih dan pedes dari cabenya cukup nendang, walopun ngga terlalu pedes-pedes amat.

-    Tumis Jamur Payung (@ Rp.6950)
Yang ini juga ngga kalah dari Tumis Jamur Merang. Jamurnya cukup empuk, dan kenyalnya udah pas. Pokoknya saya suka segala macam menu dari bahan jamur. Kecuali jamur kurap ato kadas tentunya yaa.. Haha!

-    Tumis Genjer (@ Rp.8000)   
Banyak rasa yang muncul dari menu yang satu ini. Intinya maknyuss! Hehe! Btw, kalo Soeharto penyebutan nama menu ini secara 2x (Tumis Genjer-Genjer) bakalan langsung diciduk polisi tuhh. Haha!!

-    Sambel Rujak Mangga (@ Rp.Rp.6250)
Asem, manis, pedes. Enaak!

Tumis Jamur Payung
-    Minumnya sih standard aja, teh manis anget!

Secara umum Bumbu Desa bisa direkomendasikanlah, baik buat kamu-kamu yang mau makan besar atopun makan agak ngirit. Tinggal pilih-pilih menunya secara cermat aja. Kalo mau ngirit banget ya datang aja pesen lalapan & aneka sambel (gratis) trus minumnya air putih.
*palingan abis itu dibawa kluar trus dibuang ke dalem got depan restoran*

For your info, Bumbu Desa udah ada franchise-nya sampe ke beberapa kota di Indonesia. Bahkan udah ada gerainya di Malaysia dan Singapura, masing-masing negara 2 gerai. Wuihh.. Hebaat! Masakan tradisional asli Indonesia udah sampe ke negara tetangga. Asal ngga diaku-akuin jadi makanan asli sono ajaa… *negara mana tuhh, hehe!*
Sambel Rujak Mangga



Alamat Bumbu Desa Yogyakarta
Jl. Kartini No.3, Sagan, Yogyakarta
Telp. (0274) 515701

    




Bumbu Desa tampak dalam.


(Loncatpagar)


Loncatpagar. Februari 2011

Posting Komentar

  © Blogger template Shush by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP